Center for Service Management Studies SBM-ITB

April 14, 2012 § Leave a comment

PERSI JABAR saat ini bekerja sama dengan Pusat Kajian Manajemen Jasa (Center for Service Management Studies – CSMS) dari Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB  untuk memperkaya wawasan dalam manajemen pelayanan kesehatan khususnya di Rumah Sakit. Kerja sama ini tidak terbatas pada level manajemen PERSI JABAR saja, tetapi juga terbuka kesempatan kepada anggota PERSI JABAR untuk melakukan kajian terhadap persoalan yang dihadapi masing-masing Rumah Sakit.

CSMS dikepalai oleh Dr. Mursyid Hasan Basri yang tergabung dalam Kelompok Keahlian Manajemen Operasi dan Kinerja di SBM ITB. Seperti kita ketahui bersama, bahwa mengelola rumah sakit tidak semata berurusan dengan masalah medis saja, tetapi juga banyak sekali persoalan manajemen yang harus ditangani. Mulai dari manajemen keuangan, pemasaran, sumber daya manusia, dan tentu saja manajemen operasi. Melalui CSMS diharapkan konsep-konsep Manajemen Operasi dapat diterapkan dalam pengelolaan rumah sakit. Tuntutan untuk mengadopsi konsep manajemen operasi dalam konteks rumah sakit semakin hari semakin tinggi. Seiring berjalannya waktu, tuntutan peningkatan layanan oleh pasien dan juga pemangku kepentingan di rumah sakit makin tinggi, tuntutan efisiensi pengelolaan sumber daya rumah sakit pun (utilities, pemeliharaan sarana prasarana, utilitas fasilitas ruangan-tenaga kerja-peralatan, uang, dsb) makin tinggi. Maka mau tidak mau, ilmu manajemen operasi sangat diperlukan dalam mengoptimalkan sumber daya rumah sakit untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggannya.

Bidang kerja sama dengan CSMS meliputi penelitian (kajian), pendidikan (pengembangan skill sdm terkait dengan manajemen operasi rumah sakit), dan konsultasi. Namun demikian, CSMS sangat menekankan prinsip kemitraan sejajar dimana apa pun kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan bersama antara PERSI/Anggota dan CSMS. CSMS TIDAK memposisikan diri sebagai provider dan PERSI/Anggota sebagai Klien. CSMS memposisikan diri sebagai mitra atau fasilitator dalam kegiatan tersebut di atas agar pada akhirnya rumah sakit memiliki kemampuan sendiri dalam mengelola rumah sakit yang efisien dan memuaskan keinginan pelanggannya.

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Center for Service Management Studies SBM-ITB at .

meta

%d bloggers like this: