Peranan Outsourcing di Rumah Sakit: Studi Kasus di Jawa Barat

May 2, 2012 § Leave a comment

Latar Belakang
Biaya operasional kesehatan yang terus meningkat serta penyerapan proporsinya yang semakin besar dari Produk Domestik Bruto (PDB) telah menjadi isu global yang menarik untuk diperhatikan. Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian-penelitian di negara maju  terus dilaksanakan dalam menumukan solusi untuk mengoptimalisasikan sumber daya di rumah sakit tanpa mengurangi kualitas dari pelayanan yang diberikan. Outsourcing dinilai sebagai sebuah cara bagi institusi kesehatan untuk dapat mengoptimalisasikan seluruh sumber daya yang dimilikinya serta dalam pelaksanaannya dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pelayan yang diberikan rumah sakit (Sarpin dan Weideman, 1999).
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan outsourcing di rumah sakit, bagaimana proses pengambilan keputusan dalam pelaksanaan outsourcing, dampak yang dirasakan pihak rumah sakit dari kegiatan outsourcing dan juga untuk mengetahui kecenderungan pelaksanaan outsourcing di rumah sakit pada masa yang akan datang.

Apa itu outsourcing?
Outsourcing
adalah proses pengalihan tanggung jawab pada suatu layanan dari pihak manajemen ke pihak eksternal. Pada prakteknya outsourcing merupakan usaha pembenahan struktur organisasi agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih efektif dan efisien sehingga organisasi tersebut dapat mencapai keunggulan kompetitif dalam bidang usaha yang menjadi core business-nya.

Metode Penelitian
Survey berbentuk kuesioner akan disebarkan ke seluruh rumah sakit yang berada di Jawa Barat. Instrumen survey akan difokuskan pada empat bidang berikut: 1) sejauh mana rumah sakit menggunakan layanan outsourcing, 2) proses pengambilan keputusan untuk memilih penyedia layanan eksternal, 3) dampak dari pelaksanaan outsourcing, dan 4) kecenderungan penggunaan  outsourcing di institusi rumah sakit.
Hasil yang Diharapkan
Dari hasil studi ini diharapkan dapat diketahui bagaimanakah pernanan outsourcing dalam

mencapai keunggulan kompetitif di rumah sakit. Studi ekstensif mengenai pelaksanaan outsourcing dirumah sakit ini pula diharapkan akan memberikan wawasan serta memberikan gambaran kerangka kerja mengenai implementasi kegiatan outsourcing yang efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit.

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Peranan Outsourcing di Rumah Sakit: Studi Kasus di Jawa Barat at .

meta

%d bloggers like this: